Jumat, 07 Oktober 2016



10 Baju Batik Kesukaan Tokoh Muslim dan Dunia


0
227










Baju batik para tokoh islam dan dunia asli batik Indonesia.

Baju batik adaalah kain khas Indonesia yang telah di akui dunia. Motif batik juga beraneka ragam dengan berbagai warna sesuai dengan daerah penghasil batiknya. Ribuan motif terlahir dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
Setelah diresmikan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia (world heritage), pamor baju batik Indonesia semakin populer ke penjuru dunia. Ada sepuluh public figure yang tertangkap kamera mengenakan batik. Beginilah potret 10 baju batik kesukaan tokoh muslim dan dunia yang bisa kita lihat agar kecintaan kita kepada budaya Indonesia semakin bertambah.
  1. Gus Durbaju batik gus dur

Gus Dur pernah berkata “Makanya Gus Dur, saya, make pakaian sini (Jawa); pake baju batik,”. Dari situlah hampir kita selalu melihat Gus Dur mengenakan pakaian batik saat acara kenegaraan dan acara penting lainnya.
  1. Gus Musgusmus

Meneladani Nabi Muhammad Saw, oleh sebagian ummat Islam diartikan harus mengikuti cara berpakaiannya. Kita pun lazim melihat kaum Muslimin, yang menggunakan pakaian gaya Arab: berjubah putih, berserban, dan memelihara  jenggot.
Namun tidak demikian halnya dengan Wakil Rais Aam PBNU KH A. Mustofa Bisri. Sesepuh NU yang biasa disapa Gus Mus ini menyatakan bahwa Kanjeng Nabi sangat menghormati tradisi tempat tinggalnya. Buktinya ia memakai pakaian Arab. Nabi tidak membuat pakaian sendiri untuk menunjukkan bahwa dia adalah Rasulullah.
“Seandainya, ini seandainya, kalau Rasulullah itu lahir di Texas, mungkin pake jeans,” ujar Gus Mus.
“Makanya Gus Dur, saya, make pakaian sini (Jawa); pake batik,” tambah GusMus, seperti dilansir NU Online.
Menurut Gus Mus, mengenakan batik bisa diartikan sebagai ittiba’ Kanjeng Nabi. Sedangkan mengenakan serban, jubah, berjenggot, bisa juga dikatakan sebagai ittiba’ Abu Jahal. Bukankah Abu Jahal juga mengenakan jubah, serban dan berjenggot?
Gus Mus menegaskan, perbedaan antara Abu Jahal, Abu Lahab, dengan Kanjeng Nabi adalah air mukanya. Kanjeng Nabi itu wajahnya tersenyum, Abu Jahal wajahnya sangar. Kalau inginittiba’ Kanjeng Nabi, pake serban pake jubah, wajah harus tersenyum.
Gus Mus lalu mengisahkan, pada zaman Nabi, kalau ada sahabatnya yang sumpek, mempunyai beban, ketemu Kanjeng Nabi, melihat wajahnya, hilang sumpeknya.
“Sekarang ini, nggak (demikian). Pakaiannya aja yang sama. Kita nggak sumpek, nggak apa, lihat wajahnya malah sumpek,” pungkasnya.
Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh Unesco telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral andIntangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.
Batik memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu baju batik pesisir yangmemiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif baju batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.
Saat ini, penggunaan batik kembali dihidupkan di masyarakat Indonesia, dengan menjadikan batik sebagai pakaian dalam acara-acara kenegaraan. Memakai baju batik juga berarti membantu meningkatkan produktivitas para perajin, yang artinya membantu meningkatkan penghasilan para pekerja, pedagang, dan lainnya, yang terkait dengan industri batik.
  1. Nelson MandelaNelson Mandela tokoh dunia

Pada kunjungannya kali pertama ke Indonesia pada 1990, Mandela berkenalan dengan batik. Dan saat itu juga, Mandela mencintai batik. Pada berbagai kesempatan berjumpa tokoh dunia lain,  presiden Afrika Selatan 1994-1999 itu kerap berbatik. Lantaran kegemarannya berbatik, masyarakat Afrika Selatan sampai menamai batik sebagai “Mandela’s Shirt.” Mandela telah meninggal pada 5 Desember 2013.
  1. Bill Gatesbilgates

Salah satu orang terkaya dunia yang juga bos Microsoft ini memakai batik tatkala memberi kuliah umum di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 9 Mei 2008. Gates memakai batik motif Pisang Bali Manggar yang acapkali dikenakan anggota kerajaan Mangkunegaran Solo.
  1. Zinedine Zidanetokoh bola dunia

Bintang sepakbola asal Prancis ini memakai baju batik ketika bertandang ke Indonesia, Juli 2007. Kehadiran Zidane ini dalam kapasitasnya sebagai duta dunia untuk program perbaikan kehidupan anak di seluruh dunia, yang diadakan perusahaan makanan dan minuman Prancis.
Bintang film “Mean Girls” ini kabarnya mengoleksi scarf batik. Lindsay terlihat memakai scarf batik merah untuk membalut tubuhnya yang berbikini di pantai Miami, Florida, Amerika Serikat, Januari 2010. Kecintaan artis yang berkarier film sejak kecil ini pada batik terdorong oleh cita rasanya sebagai pecinta mode.
  1. Jessica AlbaMemakai-Batik

Bintang “Fantastic Four” ini mengenakan batik motif parang berwarna hitam-putih saat menghadiri acara Step-Up’s Fourth Annual “Fashion Forward” Luncheon, November 2004. Dia memadukannya dengan boots hitam sehingga tampak stylish.
  1. Rachel BilsonRachel-Bilson

Aktris Amerika kelahiran 25 Agustus 1981, itu memakai mini dress baju batik dibalut jaket hitam ketika tengah hang out.
  1. Paris Hiltonparis hilton

Pewaris jaringan hotel mewah sekaligus sosialita yang gemar pesta ini tertangkap kamera mengenakan long dress batik warna pink ketika melangkah di sebuah jalan di Los Angeles.
  1. Reese Witherspoonwipson

Bintang film “Legally Blonde” ini bergaya chic dengan mini dress batik berwarna royal bluedipadu jaket jins.
Sangat jelas bahwa pakaian/ baju batik sudah diakui oleh dunia. Dan keberadaannya juga diperhitungkan dalam industri fashion dunia. Jadi sebagai masyarakat Indonesia, kita juga harus bangga berbatik.
sumber:klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar