Jumat, 07 Oktober 2016

BATIK PRIA MODERN DI DUNIA INTERNASIONAL

Thursday, September 4th 2014.
Batik pria modern seperti yang anda ketahui dari berbagai berita,artikel merupakan budaya asli Indonesia yang memiliki motif dan corak yang sangat etnik dan memiliki arti simbolik tersendiri. Batik merupakan seni melukis diatas kain menggunakan lilin atau malam. Batik ini lebih dikenal dengan batik tradisional, produknya yaitu batik tulis. Namun, batik tradisional semakin lama semakin ditinggalkan dan pengrajinnya hanyalah orang-orang yang sudah tua, padahal batik tradisional memiliki nilai-nilai budaya pada motif dan coraknya yang harus tetap dilestarikan. Terlepas dari itu, batik yang sekarang lebih dikenal adalah batik pria modern. Setelah tercatat dalam UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, banyak pengrajin batik yang memproduksi batiknya, kebanyakan adalah jenis batik pria murah.
Batik Pria
Walaupun batik yang lebih banyak dijumpai sekarang adalah batik pria modern, perancang busana dari Indonesia terus berinovasi merancang batik pria modern dengan tetap memasukkan budaya etnik didalamnya. Jadi tampilan batik terlihat lebih elegan, modern tetapi tetap ada unsur etniknya. Hal ini terbukti dapat menjadi perhatian dunia, banyak penduduk di seluruh dunia melirik batik sebagai seni budaya yang patut dilestarikan. Batik bukan hanya sekedar kain atau kemben yang identik dengan pedesaan dan masyarakat zaman dulu, kini batik lebih dikenal sebagai tren fashion yang banyak digemari. Banyak perancang Indonesia, salah satunya perancang berusia muda Lenny Agustin mengkreasikan batik rancangannya dengan tetap mempertahankan motif batik tradisional dibalut dengan gaya yang modern. Hal ini dilakukannya agar menarik minat masyarakat Indonesia sendiri untuk menggunakan batik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya anak-anak muda.
Seperti halnya perancang Lenny Agustin, perancang sekaligus penggemar batik kuno, Shinta Dhanuwardoyo juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan batik dan membantu memperkenalkan batik ke seluruh dunia sebagai bukti kecintaan terhadap budaya yang telah turun temurun ini. Dia pun merancang batik dengan tetap berusaha menyisipkan nilai etnik atau tradisional ke dalam batik pria solo. Batik yang kini telah mendunia ternyata tak lepas dari peran seorang maestro batik tanah air, Iwan Tirta yang wafat beberapa bulan lalu. Iwan Tirta telah lebih dulu mempromosikan batik ke kancah internasional dan membuat seorang tokoh dunia seperti Nelson Mandela tertarik dengan batik hasil karyanya. Dalam setiap kesempatan, Nelson Mandela selalu mengenakan batik khas Indonesia dalam menghadiri berbagai forum di dunia. Berkat kecintaannya kepada batik, tokoh dunia asal Afrika Selatan ini pun membuat bangsa Afrika Selatan akrab dengan busana asli Indonesia tersebut.
Batik memang tidak hanya ada di Indonesia, tetapi batik juga terdapat di belahan dunia lain, seperti Malaysia, Cina, Jepang, India, Belanda dan Jerman. Namun, batik Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, dimana motif batik pria Indonesia lebih halus dan rapi. Hal itu di karenakan batik Indonesia menggunakan canting dalam pengerjaannya, sedangkan batik negara lain menggunakan printing. Menurut Shinta, batik pria online yang ada sekarang ini dianggapnya sebagai hal yang positif karena dengan sentuhan modern, batik Indonesia dapat dikenal dunia internasional. Semakin populernya batik di mancanegara, batik pun terkenal di negara Republik Ceko. Masyarakat Ceko mengenal batik sebagai alternatif fashion dan batik di negara Ceko belum memiliki pesaing utama. Di negara Ceko, desain batik pria terbaru lebih banyak diminati oleh pasar Ceko, meskipun desain batik klasik memiliki peminat tersendiri. Memang, desain batik modern sekarang ini lebih berkembang, semakin banyak memasukkan unsur etnik atau tradisional ke dalamnya, oleh karena itu, banyak pengamat fashion ataupun masyarakat mancanegara yang menggemari batik Indonesia yang memiliki motif serta corak yang halus dan tentunya sangat berbeda dari batik negara manapun yang memproduksi batiknya dengan printing.
sumber: klik disini

Share Button

Produk Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar