Kamis, 29 September 2016

BATIK SOGAN YANG MENAWAN

BATIK SOGAN YANG MENAWAN


BATIK SOGAN YANG MENAWANSaat ini produsen batik berlomba-lomba mengambil hati konsumennya dengan mengangkat pewarnaan alam sebagai salah satu kekuatan dalam memasarkan produknya. Salah satu pewarnaan alam yang masih berjaya sejak awal lahirnya batik di Indonesia adalah Batik Sogan. Batik Sogan mempunyai corak khas klasik dengan warna dominan coklat. Awal nama Batik Sogan diambil dari proses pewarnaannya yang menggunakan batang kayu pohon soga.
Soga merupakan nama tumbuh-tumbuhan dari keluarga papilionaceae dan mempunyai warna kuning. Penggunaan pewarna alami ini menyebabkan warna batik terasa lebih sejuk saat dikenakan. Batik ini identik dengan keraton di Jawa, yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat dan Keraton Ngayogyakartan Hadiningrat. Motif yang dibuat pada batik sogan biasanya mengikuti pakem motif klasik yang ada di keraton. Ada yang membedakan batik sogan khas Solo dan Yogya. Batik sogan Yogya dominan warna coklat tua kehitaman dan putih, sedangkan batik sogan Solo berwarna coklat oranye dan coklat.
Pewarnaan coklat pada batik Solo yang klasik ini menimbulkan kesan eksklusif. Batik Sogan tidak mudah dijumpai di kota lain kecuali Solo dan Yogya. Kekhasan Batik Solo yang satu ini harus selalu dijaga keunikannya. Bila diamati lebih teliti, batik sogan asli pola pada warna terang atau warna coklat terang tidak akan bisa terlihat bersih polos, melainkan akan terlihat seperti ada serat-serat warna coklat. Inilah ciri khas yang tak bisa ditemui pada batik yang menggunakan warna kimia. Kombinasi warna sogan Batik Solo tidak jauh dari warna coklat. Kombinasi warnanya biasanya disandingkan dengan coklat tua, coklat muda, coklat kehitaman, coklat kekuningan dan coklat kemerahan, dan sebagainya.
Walaupun perkembangan batik Solo sekarang ini lebih dominan peminat batik dengan motif kontemporer atau modern daripada batik sogan, tetapi batik klasik yang satu ini tak pernah mati sepanjang masa. Selalu terlihat menggeliat meskipun perlahan. Batik Solo dengan pewarwaan soga selalu memiliki peminat disetiap jaman yang selalu berganti. Batik sogan biasanya dicari oleh orang tua-orang tua pecinta batik. Mereka biasanya menggunakan batik untuk bawahan setiap hari, namun pada kenyataannya jaman yang dikata modern ini sudah jarang terlihat orang tua yang memakai bawahan batik Solo yang eksklusif untuk berpakaian sehari-hari. Sumber : Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar